Senin, 18 Juni 2012

Kepulauan Seribu

Pulau Tidung 

Berlokasi di salah satu gugusan Kepulauan Seribu yang secara geografis adalah berada antara 06°00’40” dan 05°54’40” Lintang Selatan dan 106°40’45” dan 109°01’19” Bujur Timur. Total luas wilayah daratan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu adalah 897.71 Ha (ukuran ini cukup kecil untuk ukuran kabupaten) dan luas perairan Kepulauan Seribu mencapai 6.997,50 km2.
Pada bagian barat, terdapat beberapa pulau kecil yang dikenal dengan Pulau Tidung Kecil sedangkan Pulau Tidung Besar sebagian besar telah dipergunakan sebagai tempat permukiman penduduk dan sebagian lagi digunakan sebagai area resort wisata.
Pulau ini sudah didiami penduduk sejak zaman penjajah Belanda. Dalam buku Sejarah Djakarta, disebutkan bahwa ketika Fatahillah menyerbu Malaka, beliau dan pasukannya memanfaatkan pulau-pulau yang ada di Teluk Jakarta sebagai tempat mengatur strategi. Salah satu pulau itu diberi nama Pulau Tidung, artinya pulau tempat berlindung.

LINGKUNGAN
Pulau Tidung adalah pusat Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Pulau ini dihuni oleh lebih dari 3.000 kepala keluarga. Sebagian besar penduduknya nelayan. Di sebelah timur pulau ini terdapat Pulau Tidung Kecil.  Kedua pulau ini tersambung oleh sebuah jembatan kayu yang sangat indah. Kita bisa menyusuri jembatan itu sambil melihat ke bawah laut yang bening dengan pemandangan karang-karang dan ikan yang beraneka warna. Panjang jembatan sekitar 800 meter dimana saat ini beberapa bagian jembatan yang terbuat dari kayu sudah digantikan dengan beton untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung, selain itu lebih tahan lama.
Di sekitar jembatan terdapat beberapa keramba ikan kerapu milik nelayan setempat. Meskipun bukan pulau resort wisata, tetapi pulau ini sangat nyaman untuk dijadikan tempat rekreasi bagi masyarakat yang ingin menikmati suasana pulau dengan biaya murah. Air lautnya yang bening dan hamparan pasir putih di tepi pantainya sangat indah untuk dinikmati. Belum lagi pesona sunrise dan sunset yang indah setiap harinya. Maka tidak heran jika para pengunjung menyebut pulau ini sebagai surga baru atau new paradise bagi komunitas pecinta wisata di tanah air. Berbagai aktifitas seperti watersport diantaranya jetski, banana-boat ataupun donut telah bisa dinikmati sementara tetap menyediakan tempat yang menarik untuk aktifitas utama seperti berenang ataupun memancing.

TRANSPORTASI
Untuk mencapai Pulau Tidung ada beragam sarana transportasi laut yang dapat menajdi pilihan pengunjung, disertai dengan lokasi keberangkatannya. Yang paling popular adalah pemberangkatan menggunakan Kapal Ferry (Ojek Laut) yang akan mengantarkan anda ke Pulau Tidung dari Pelabuhan Muara Angke yang ditempuh dalam 2-3 jam. Dengan dukungan safety yang terus diperbaiki, kapal ini akan memuat 100-200 penumpang dalam sekali jalan, tergantung besar kecilnya kapal. Untuk pilihan yang lebih ekslusif ada Speedboat yang berangkat dari Marina, dengan pemberangkatan yang bisa kita tentukan (biasanya carter) akan mengantarkan pengunjung ke Pulau Tidung dalam waktu 1-1,5 jam dengan kapasitas kapal yang bervariasi mulai 15, 20, 25, 30.
Atau ada pula layanan kapal cepat lainnya dari Muara Angke adalah MV Citra Jet dengan kapasitas 200 penumpang kapal cepat ini akan mengantarkan pengunjung dari Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Tidung dengan waktu 1,5 jam saja, sedangkan alternatif lain yang saat ini sedang berkembang yaitu pemberangkatan ke Pulau Tidung melalui Pelabuhan Rawa Saban, Tangerang dengan jarak tempuh 1-1,5 jam menggunakan kapal ojek dengan ukuran lebih kecil dari saudaranya doi Muara Angke, yaitu kapasitas 60-80 orang.
KEGIATAN
Pengunjung bisa mancing di dermaga atau di jembatan atau menyewa kapal nelayan, dengan harga relative murah. Kegiatan diving dan snorkeling juga oke, apalagi sekarang sudah banyak tersedia penyewaan  peralatan snorkling dan diving plus guide dan kapal kecilnya. Beberapa diantaranya seperti juga tebejowo, memberikan layanan foto dalam air (underwater) sebagai bahan dokumentasi ataupun menggunakan kamera SLR untuk hasil foto yang lebih baik, tanpa biaya tambahan!
   
Pantai yang luas dan indah juga sangat cocok bagi pengunjung yang membawa serta keluarganya, baik yang lanjut usia maupun masih balita.
Dengan pesona sunrise dan sunset yang indah setiap harinya, maka tidak heran jika para pehobi foto kerap terlihat diantara pengunjung untuk mengabadikan momen indah tersebut.
Untuk keterangan lebih lengkap mengenai Paket Wisata Pulau Tidung disini.






Pulau Harapan

Di setiap 342 pulau yang berada di gugusan Kepulauan Seribu adalah pulau-pulau yang beragam jumlah dan karakteristik tiap pulaunya dan dengan paket Island Hopping yang diantaranya diselingi dengan kegiatan bersnorkeling kita dapat mengamati karakteristik tiap-tiap pulau terutama keindahan bawah lautnya, atau sekadar untuk mampir dan berfoto-foto dilingkungan pulau yang kita singgahi.
Cukup dengan sekali trip dengan paket menggunakan Paket Pulau Harapan ini kita akan mendapatkan pengalaman mengunjungi sekaligus beberaa pulau dengan beragam karakteristik dan kegiatannya karena pulau-pulau tersebut  yang berdekatan lokasinya.
Pulau Harapan juga merupakan pulau berpenduduk dimana sebagian besar dihuni oleh nelayan. Kekayaan alami dengan limpahan ikan-ikan lautnya membuat penduduk pulau ini terlihat sejahtera. Jarang ditemui bangunan rumah yang buruk di pulau ini. Sebagian besar rumahnya sangat memadai.

LINGKUNGAN
Pulau Harapan disambungkan dengan jalan beraspal dengan Pulau Kelapa yang masing-masing merupakan pulau berpenduduk. Khusus untuk Pulau Kelapa kepadatan penduduk disana sudah sangat memprihatinkan sehingga praktis hanya objek yang menarik dari pulau ini adalah hanya kegiatan penduduk disana.
Sedangkan untuk Pulau-pulau lain yang dapat kita kunjungi saat ber- Island Hopping di Paket Pulau Harapan adalah ( pilihlah pulau yang menarik untuk anda kunjungi sehingga dengan keterbatasan waktu kita tetap dapat menikmati keindahan pulau tersebut) :
Pulau Kayu Angin Bira (pantai dengan pasir putih dan cocok untuk pelatihan snorkeling)
Pulau Genteng Kecil (keindahan bawah laut, spot snorkeling)
Pulau Genteng Besar (keindahan bawah laut, spot snorkeling)
Pulau Bulan
Pulau Matahari (keramba, ex pulau resort)
Pulau Panjang (explore pulau dan spot fotografi)
Pulau Sepa (pulau resort, entrance fee applicable)
Pulau Putri (pulau resort, entrance fee applicable)
Pulau Putri (pulau resort, entrance fee applicable)
.. dan masih banyak pulau lainnya


TRANSPORTASI
Untuk mencapai Pulau Harapan ada beragam sarana transportasi laut yang dapat menjadi pilihan pengunjung, disertai dengan lokasi keberangkatannya. Yang paling populer adalah pemberangkatan menggunakan Kapal Ferry (Ojek Laut) yang akan mengantarkan anda ke Pulau Harapan dari Pelabuhan Muara Angke yang ditempuh dalam 2.5 - 3 jam. Dengan dukungan safety yang terus diperbaiki, kapal ini akan memuat 150-200 penumpang dalam sekali jalan, tergantung besar kecilnya kapal. Untuk pilihan yang lebih ekslusif ada Speedboat yang berangkat dari Marina, dengan pemberangkatan yang bisa kita tentukan (biasanya carter) akan mengantarkan pengunjung ke Pulau Harapan dalam waktu 1-1,5 jam dengan kapasitas kapal yang bervariasi mulai 15, 20, 25, 30 pengunjung.
KEGIATAN
Pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan, mulai memancing, bersnorkeling maupun menyelam apabila mengunjungi pulau ini, dimana lokasinya terlebih dahulu pengunjung harus menyewa kapal untuk keluar Pulau Harapan dan menuju salah satu pulau yang menawarkan keindahan alam bawah laut tersebut. Memancing di dermaga Pulau Harapan masih bisa dilakukan dengan sesekali mendapatkan ikan Baronang (orang pulau menyebutnya ikan Lingkis).
Peralatan snokling dan diving (menyelam) juga disewakan ditempat ini. Perahu dapat disewa dengan bayaran yang tidak terlalu mahal. Jadi apalagi yang perlu diragukan bila berkunjung ke Pulau Harapan. Jangan lewatkan waktu begitu saja di pulau ini. Tanpa keahlian menyelampun, kita bisa menikmati bawah laut dengan snokling. Jangan takut tenggelam karena pendamping akan memilih tempat yang tidak dalam walaupun terletak di perairan yang jauh dari pulau. Jadi jangan lewatkan waktu untuk tidak menikmati surga lautan di Pulau Harapan.
Lebih baik dari Pulau Tidung, di sekitaran Pulau Harapan momen untuk mendapatkan pesona sunrise dan sunset yang indah setiap harinya lebih pasti didapat, maka tidak heran jika para pehobi foto kerap terlihat diantara pengunjung untuk mengabadikan momen indah tersebut.
Untuk keterangan lebih lengkap mengenai Paket Wisata Pulau Harapan disini
atau sms ke 085624050405/21CFF199

Tidak ada komentar:

Posting Komentar